Nasional

Kapolri Undang Tiga Penakluk Gunung Elbrus Rusia

on

PALEMBANG, Sumseltoday.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Tito Karnavian mengundang tiga mahasiswa Muhammadiyah Palembang untuk makan malam bersama. Ketiga mahasiswa penakluk puncak gunung Elbrus Rusia pada Selasa (14/08/2018) lalu, akhirnya mendapat kehormatan diundang ke rumah dinas Kapolri, Jalan Patimura Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/08/18) malam.

Acara tersebut dihadiri Menteri Perhubungan, Karya Sumadi dan ketiga pendaki Indonesia didampingi Herman Deru Gubernur Sumsel terpilih bersama Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Palembang, Dr Ir Mukhtarudin Muchiri dan Wakil Dekan III FEB, M Orba Kurniawan.

Faldi Riswandi, Riza Husin dan Riki Andriansyah ketika menaklukan puncak Gunung Elbrus Rusia, Selasa (14/8/18) lalu, ketiganya menggunakan Songket Sriwijaya sekaligus memperkenalkannya budaya Palembang kepada dunia.

“Mereka bertiga, adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palembang, yang tergabung dalam Mapala Alfedya dan tema ekspedisi para pendaki adalah “Songket Sriwijaya Menyapa Eropa”, yaitu ekpedisi pemakaian Songket Sriwijaya di puncak Elbrus sekaligus mempromosikan Asian Games 2018 serta untuk memperingati HUT RI ke-73 di Rusia,” ujar Kapolri.

Sementara Faldi mengungkapkan, sebelum mendaki puncak tertinggi Elbrus, mereka melakukan tiga kali aklimatisasi ke puncak gunung yang berbeda dan jalur pendakian tidaklah mudah, karena berselimut salju, suhu udara yang dingin hingga sempat mengalami mountain sickness, namun tidak mematahkan semangat untuk mencapai puncak Elbrus.

“Summit attack kami mulai lakukan pada Selasa (14/8/18), sekitar dini hari dan mencapai puncak Elbrus pagi harinya,” ujar Faldi.

Riza menambahkan, dari awal pelaksanaan ekspedisi ini, Mapala Alfedya bermimpi untuk mencapai atap Eropa melalui puncak gunung Elbrus yang merupakan salah satu puncak gunung tertinggi di Eropa dan dunia.

“Kami tidak menyangka, kalau penggiat alam kami akan sampai sejauh ini, karena dari Palembang sampai Moskow hanya bertiga dan kami berterima kasih banyak kepada Dubes RI Wahid Supriyadi dan KBRI atas dukunganya,” ucap Reza.

Usai makan malam, Kapolri bersama Menteri Perhubungan RI, Calon Gubernur Sumsel, Wakil Rektor serta Wakil Rektor III dan ketiga pendaki, berfoto bersama. (Rel/Reza).

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *