Palembang Emas

Kadis Sosial Banyuasin: Ibu Hamil Akan Dapat 1.2 Juta

on

Harianpalembang.com, BANYUASIN РIbu hamil akan mendapatkan tambahan bantuan Dana Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) tahun ini, menyusul dinaikannya besaran bantuan menjadi Rp 1.2 juta yang akan dibayar  empat kali dalam setahun, Rabu (1/6).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Sosial Pemkab Banyuasin Roni Utama, menurutnya tahun ini bantuan dana PKH khusus ibu hamil naik menjadi Rp 1.2 juta dari sebelumnya Rp 1 juta.

“Jadi tahun ini sudah naik jadi Rp 1.2 juta khusus ibu hamil yang tidak mampu. Uangnya langsung dibayar ke rekening yang bersangkutan setahun 4 kali,” jelas Roni.

Menurutnya, bantuan dana PKH tersebut sama halnya dengan bantuan dana Pendidikan bagi siswa SD, SMP dan SMA yang kuran mampu. Untuk ibu hamil yang sudah terdata mendapatkan bantuan, diwajibkan saat pemeriksaan kehamilan didampingi petugas pendamping.

“Jadi ibu hamil itu yang sudah dapat saat akan berobat ke Posyandu dan Puskesmas harus didampingi petugas. Tujuannya agar bantuan tersebut benar-benar digunakan saat masa kehamilan,” ujarnya.

Saat ini kata Roni jumlah warga yang terdata mendapatkan PKH berjumlah 12.781 warga yang tersebar di 19 Kecamatan di Banyuasin. Setiap 6 bulan sekali petugas akan melakukan pendataan ulang mungkin saja ada warga tidak mampu belum mendapatkan dana PKH.

“Selain itu tujuan pendataan mengetahui apa benar bantuan yang diberikan benar-benar digunakan keluarga tidak mampu. Petugas juga mengecek mungkin saja ada warga yang tidak miskin lagi terpaksa haknya dicabut,” katanya.

“Untuk melakukan pendataan ini tentu kita bekerjasama dengan perangkat RT dan RW yang mengetahui langsung kondisi warganya,” jelas Roni.

Sebagai informasi PKH merupakan program Kementrian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan uang tunai khusus keluarga yang kurang mampu sejak tahun 2012 lalu. Kini sudah ada ribuan keluarga miskin mendapatkan bantuan dana tersebut.

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *