Baturaja

Kades SP 5, Selain Pembangunan Juga Prioritaskan BUMDES Untuk Mendukung PAD

on

Baturaja, Sumseltoday.com – Desa SP 5, kecamatan peninjauan kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU) Desa SP 5, Arah dan strategi kebijakan pembangunan desa, perdesaan saat ini tidak bisa dilepaskan dari visi – misi Kepala Desa untuk membangun embung desa, sarana sarana dengan memperkuat desa untuk lebih maju dan meningkatkan pendapatan asli desa yang lebih berkembang, Upaya tersebut antara lain dilakukan dengan melalui pengalokasian Dana PAD yang lebih fokus pada pengentasan kemiskinan dan memajukan desa.

Dana PAD ini diperuntukkan pembangunan
Embung desa dari dana Pendapatan Asli Desa untuk memajukan desa dan membuat desa menjadikan manfaat untuk perikanan dan perkebunan, persawahan dan sayur sayuran dan pembibitan ikan air tawar. Pengairan untuk pertanian dan lain lain.

Hingga 2018, alokasi dana ini telah membuahkan beberapa pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, diantaranya pembangunan desa

Daya guna dana PAD 2018 Desa ESPLIMA kec Peninjauan Kab OKU adalah menyempurnakan pengalokasian PAD desa, meningkatkan kualitas pengelolaan PAD desa, mempertajam prioritas penggunaan dana untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Data Kementerian Desa menyebut, dari total 15 ribu desa prioritas pembangunan saat ini terdapat 7.440 desa yang sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur air untuk mengairi area persawahan yang mereka miliki. Soalnya, pertanian adalah bidang utama yang menghidupi desa-desa itu diseluruh indonesia.

Dikatakan kades makartitama Sp5 Wagiso bahwa kegiatan ini bertujuan untuk kepentingan masyarakat terutama desa Makartitama SP5, dalam arti mendukung pendapatan asli daerah (PAD) yang telah dibahas bersama berserta perangkat desa dan masyarakat desa yang menyetujui mengutamakan bumdes karena selama kami ingin mengmaksimalkan bumdes sesuai dengan aturan pemerintah dan kementerian desa untuk kepentingan desa makartitama SP 5.

Embung desa ini sendiri ada 2 titik, pembangunan titik pertama sudah selesai sedangkan tahap ke 2 masih dalam froses pekerjaan tuturnya (yos)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *