Opini

Jialyka Maharani : Pancasila Modal Bangsa dalam Menghadapi Covid-19

on

Palembang, Sumseltoday.com – Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan Jialyka Maharani mengatakan bahwa bangsa Indonesia harus bersyukur karena memiliki Pancasila sebagai ideologi bangsa. Menurutnya, dalam situasi seperti saat ini Pancasila merupakan modal bangsa dalam menghadapi Covid 19. Hal tersebut disampaikan Jialyka dalam Sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara yang diselenggarakan pada 30 Juni 2020 lalu, di Gedung DPD RI Provinsi Sumatera Selatan.

“Wabah Covid 19 yang terjadi hampir di seluruh dunia memberikan dampak yang signifikan bagi seluruh lini kehidupan, termasuk kehidupan masyarakat Indonesia. Namun, kita harus bersyukur karena kita punya Pancasila, Pancasila inilah modal bangsa kita dalam menghadapi pandemi ini,” jelas Jialyka.

Anggota DPD termuda yang juga menjabat sebagai salah satu pimpinan kelompok MPR ini menjelaskan bahwa Pancasila merupakan ideologi yang sangat tepat diterapkan di Indonesia bahkan dunia. Karena, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sudah memenuhi segala aspek kehidupan manusia, antara lain nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial.

“Nilai-nilai tersebutlah yang kemudian teraktualisasi dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia, termasuk saat menghadapi Covid 19,” jelas  Senator berusia 22 tahun tersebut.

Selain lima nilai yang terkandung dalam Pancasila, dara lulusan Universitas Indonesia tersebut juga menjelaskan bahwa salah satu yang membuat Indonesia kuat hingga saat ini dalam menghadapi Covid 19 adalah budaya gotong royong masyarakat Indonesia yang telah mengakar sejak dahulu.

“Budaya gotong royong yang merupakan kearifan lokal bangsa Indonesia ini juga sangat berperan penting dalam menghadapi Covid 19. Kita bisa lihat banyak sekali bantuan swadaya masyarakat yang diberikan kepada mereka yang terdampak Covid 19, belum lagi bantuan-bantuan di berbagai platform seperti “kitabisa”, hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa kita ini adalah bangsa yang kuat dengan kebersamaan,” tutupnya. (Ril)

Recommended for you