Berita Sumsel

Jelang Lebaran, BI Siapkan Rp 351 Miliar Untuk Tukar Uang

on

Harianpalembang.com, Palembang – Tradisi penukaran uang menjelang lebaran sudah mulai dirasa. Bank Indonesia bahkan menyiapkan Rp351 miliar untuk tukar uang dan 47 perbankan wilayah untuk penukaran bagi masyarakat kota Palembang.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumatera Selatan, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, masyarakat bisa datang ke bank-bank yang melayani jasa penukaran uang kecil. Bahkan, ada perbankan yang tetap melayani masyarakat selama waktu libur.

“KIta juga menyediakan kas keliling yang juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Ini salah satu upaya kita agar masyarakat lebih mudah untuk menukarkan uang, jadi tidak perlu antri panjang,” ujarnya, Sabtu (12/6).

Hamid menjelaskan, sekali jalan kas keliling ini menyiapkan uang kecil sebesar Rp500 juta. Lokasi yang didatangi adalah pusat keramaian seperti pasar tradisional, diantaranya, pasar KM 5, Cinde. Kas ini akan keliling setiap harinya. “Mudah-mudahan lancar untuk penukaran uang, diharapkan masyarakat nyaman,” katanya.

Selain itu, tegas Hamid, masyarakat Palembang harus mewaspadai maraknya peredaran uang palsu yang biasa terjadi saat ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dikatakannya, biasanya indikasi uang palsu akan meningkat jika di momen besar seperti ramadan ataupun jelang lebaran.

“Sebab dengan kondisi keramaian seperti saat ini akan dimanfaatkan oleh para pelaku, sehingga kita menghimbau masyarakat untuk tetap melakukan pengecekan 3D (dilihat, diraba, ditrawang) atau dengan sinar UV,” jelasnya.

Untuk membedakan uang asli dan palsu sudah bisa dilihat secara kasat mata atau fisiknya. Dirinya menjelaskan, dari segi kualitasnya belum begitu baik, semetara dilihat tampak asli namun secara kualitas atau fisiknya sudah bisa terlihat bedanya mana asli dan palsu.

Berdasarkan data yang ada, lanjut Hamid, peredaran uang palsu mengalami penurunan sebanyak 50 persen dibandingkan tahun lalu. “Sampai Desember 2015, tercatat uang palsu yang ditemukan berjumlah 2.048 lembar. Sedangkan untuk data di tahun ini terakhir di Mei 2016 jumlahnya hanya 1.443 lembar,” akunya.

Selain mengimbau, masyarakat untuk lebih waspada, Hamid memberikan saran bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang kecil sebaiknya dilakukan di outlet perbankan. KUR/palpres

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *