Palembang

JAKABARING FOOD EXPO 2018 “The Culture Of Sriwijaya”

on

Palembang, Sumseltoday.com – Jakabaring Food Expo (JFE) merupakan sebuah event yang didalamnya terdiri dari beberapa acara, yaitu Cooking competition, Food Expo, Talkshow dan Hiburan. Kegiatan ini akan berlangsung selama satu hari dan menghadirkan tenant beragam kuliner khas Sumatera Selatan.

Dengan diadakannya kegiatan JFX ini, kami berharap agar dapat menjadi langkah awal kami untuk memperkenalkan makanan atau produk kuliner nusantara kepada dunia Internasional terutama sebagai salah satu produk pariwisata. Inilah saatnya Politeknik Pariwisata Palembang menjadi pendorong program/kegiatan promosi masakan Sumatera Selatan yang sifatnya kedaerahan dan belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas.

Adanya beberapa tujuan mengapa acara ini diselenggarakan diantaranya adalah sebagai ajang promosi dan pengenalan kuliner Sumatera Selatan kepada masyarakat luas, lalu sebagai pengembang kompetensi di bidang kuliner dan juga tentunya sebagai wadah berkumpulnya chef professional di Sumatera Selatan.

Acara ini pun akan dilaksanakan selama satu hari, pada hari Sabtu, 16  November 2018, yang bertempat di main atrium OPI Mall Palembang. Kegiatan ini menargetkan pengunjung dari berbagai kalangan, mulai dari anak – anak sampai dengan orang dewasa, dimana acara ini memang menjadi konsumsi  publik. Dengan berbagai macam kompetisi yang dapat menarik perhatian  masyarakat luar yang tentunya dapat menambah wawasan mengenai dunia kuliner.

Beberapa kegiatan yang akan dikompetisikan ialah Live Bento Decoration yang mana akan dilakukan oleh para junior chef yang akan mendekorasikan bento  atau bekal mereka semenarik dan sekreatif mungkin. Kemudian ada Indonesia Pasta Challenge dimana para peserta akan memasak makanan berbahan dasar pasta dengan cita rasa khas Indonesia. Lalu ada Egg Competition dimana para peserta hanya diberikan satu bahan utama berupa telur yang harus dikembangkan dan dikreasikan menjadi sebuah makanan yang sekreatif mungkin. Dan yang terakhir ada Live Fruit and Vegetable Carving yang mana peserta akan diberikan bahan dasar berupa buah-buahan ataupun sayur-sayuran yang harus di carving semenarik mungkin. Penjurian untuk kompetisi ini pun kami secara langsung mengundang Chef Axhiang (MCI4), Chef Shinoda (The President Of Fruit Carving Indonesia) dan Chef Sapto (Ketua ICA Sumsel) sebagai juri di kompetisi kali ini.

Lalu kami juga menyediakan stand booth yang diperuntukkan kepada masyarakat umum yang ingin memperkenalkan produknya, isinya berupa peralatan, bahan baku ataupun makanan siap santap. Acara ini juga merupakan wadah bagi para supplier untuk mempromosikan produk mereka kepada masyarakat yang datang diacara ini.

Setelah itu juga akan ada kegiatan Talkshow yang diadakan oleh pihak JFX  yang sangat bermanfaat untuk masyarakat luas agar lebih memahami , mengenal serta menambah wawasan tentang kuliner yang akan di sampaikan langsung oleh chef proffesional dan asosiasi–asosiasi yang berkecimpung di dunia kuliner, dengan demikian masyarakat umum dapat menimbulkan rasa kepedulian serta rasa cinta terhadap kuliner Sumatera Selatan dengan cara melestarikannya. Adapun narasumber yang akan memberikan materi berasal dari Selebriti Chef ICA, APJI, dan ASDI.

Dan yang terakhir kami juga menghadirkan beberapa hiburan yang tentunya juga suatu hal yang diinginkan semua orang, maka dari itu agar acara ini dapat lebih meriah dan menyenangkan Jakabaring Food Expo juga menyediakan Hiburan seperti Live music, modern dance, stand up comedy dan masih banyak lagi. (Rill)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *