Banyuasin

Ini Aturan Jam Kerja dan Cuti Bersama di Lingkup Pemkab Banyuasin Pada Hari Raya Idul Fitri 1437 H

on

Harianpalembang.com, Pangkalan Balai – Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan tentunya diharapkan tidak akan membawa penurunan pada kinerja para Aparatur Sipil Negara, Baik itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun tenaga honorer yang berada di lingkup Pemkab Banyuasin.

Namun sebagai bentuk dukungan terhadap ibadah yang dilakukan umat muslim diseluruh dunia, Pemkab Banyuasin telah mengeluarkan Surat Edaran terkait pengaturan jam kerja pada bulan Ramadhan dan cuti bersama pada Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Kebijakan ini dikeluarkan juga berdasarkan surat edaran dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yakni SE Menteri PAN-RB 03/2016 yang di tanda tangani 17 mei lalu.

Berdasarkan Surat Edaran Bupati Banyuasin tersebut, jam kerja pegawai pada hari Senin – Kamis dimulai pukul pukul 08.00 hingga pukul 15.00 wib, dengan waktu istirahat antara pukul 12.00 hingga 12.30 wib. Sementara untuk hari Jumat, jam kerja dimulai pukul 08.00 hingga 15.30 wib, dengan waktu istirahat antara pukul 11.30 hingga 12.30 wib.

“Jam kerja hanya berkurang satu jam setiap harinya” ujar Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian,SH ditemui usai pembukaan Safari Ramadhan 2016.

Sedangkan kegiatan apel pagi dilaksanakan di ruang kerja masing-masing, dan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) ditiadakan selama bulan Ramadhan.

“SKJ bisa diganti dengan kerja bakti kebersihan, kan kebersihan sebagian dari iman, biar makin afdol ibadahnya” tambah Bupati termuda di Prov.Sumsel ini.

Tak hanya mengatur perihal jam kerja, Surat Edaran Bupati Banyuasin ini juga memuat tentang Hari Libur Nasional dan Cuti bersama. Bagi sebagian pegawai yang memiliki sanak saudara di luar kota tentunya kepastian ini membantu mereka memutuskan waktu yang tepaat untuk berangkat mudik.

Hari Libur Nasional ditetapkan jatuh pada tanggal 6 – 7 Juli 2016 sebagai Hari Raya Idul Fitri, dan tanggal 4, 5 dan 8 ditetapkan sebagai Cuti Bersama.

Surat Edaran yang dikeluarkan ini tentunya juga didasarkan atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dengan No.01/2015, No.150/2015 dan No.02/SKB/MENPAN-RB/VI/2015 tentang hari libur dan cuti bersama tahuhn 2016.

Bupati juga mengingatkan kepada semua pimpinan mulai dari Kepala Bagiasn hingga Kepala Dinas, mulai dari Kades/Lurah hingga Camat, dan kepala-kepala instansi lainnya untuk dapat menjaga disiplin para pegawainya terutama pada tanggal 1 Juli dan 11 Juli 2016. (hms)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *