Kesehatan

Habis Makan Selalu Ngantuk, Atasi Dengan Cara Ini

on

Banyuasin Online – Paling malas kalau pingin tidur sehabis makan siang. Selain kerjaan masih numpuk, tidur sehabis makan juga tidak sehat loh. Mengantuk setelah makan siang sebenarnya merupakan kondisi yang tidak normal, karena setelah makan seharusnya tubuh menghasilkan energi yang membuat Anda lebih segar.

Mengantuk adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar seseorang beristirahat. Tapi jika selalu mengantuk sehabis makan itu pertanda ada yang salah dalam makanan, enzim atau kondisi kadar gula darah Anda.

Namun, hal ini banyak dialami orang-orang termasuk yang kerja di kantoran. Rasa kantuk malah menjadi-jadi setelah makan siang. Hasilnya, ketiduran deh di meja kerja. Hal ini tentu saja bisa dilawan dengan berbagai hal seperti minum air putih dan melakukan olahraga ringan di kantor seperti push up, sit up dan gerakan ringan lainnya. Atau, Anda bisa mengalihkan rasa kantuk dengan berjalan ke tempat lain di kantor, bisa ke toilet, ke arah jendela atau ke meja rekan kerja. Tapi gak pakai ngerumpi berlama-lama loh.

Selain itu untuk mencegah kantuk, anda harus mengurangi makanan mengandung gula dan lemak. Gula memang dapat memberikan dorongan energi yang cepat pada awalnya, namun akan habis dengan cepat pula sehingga membuat tubuh merasa lelah.

Kemudian jangan makan secara berlebihan. Ketika perut lapar, ingin rasanya diisi penuh-penuh, akibatnya Anda tidak akan bisa bekerja karena kantuk menyerang. Makanlah dengan porsi normal dan jangan lupa makan buah yang mengandung vitamin c.

Dan yang terpenting, pastikan anda tidur cukup di malam hari. Sebab, tubuh yang kekurangan jam tidur akan lebih lelah.

Bangun pada saat yang sama setiap hari. sehingga tubuh selalu siap masuk ke rutinitas. Bangun lebih awal atau tidur terlalu sedikit dapat merusak jam biologis tubuh dan membuat Anda merasa lebih lelah di siang hari. Jadi jangan terlalu sering begadang kalau tiada artinya ya. (Kini/bo)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *