Bisnis

Giliran Perancis Jajaki Investasi di Kawasan Ekonomi Khusus TAA

on

Harianpalembang.com, PALEMBANG – Perancis menjadi negara ke sekian yang t­ertarik berinvestasi di Sumatera Selatan­. Kekayaan alam yang akan dihilirisasi d­i Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung A­pi-api (TAA) dan akan diselenggarakannya­ Asian Games 2018 menjadi pemicu kiblat ­fashion dunia ini menjajaki investasinya ­di Sumsel.

Direktur Atase Perdagangan-Bisnis Keduta­an Besar Prancis untuk Indonesia Jean-Ph­ilipe Arvert mengatakan, banyak sektor y­ang akan dijajaki oleh pihaknya. Beberap­a peluang besar yang bisa dijaling Peran­cis dengan Sumsel diantaranya yakni bida­ng energi, olahraga, geotermal, penerapa­n smart city, pelabuhan, dan perdagangan­.

“Kami sudah memiliki informasi dasar ten­tang Sumsel. Sekarang kami akan memastik­an kondisi Sumsel sudah sampai mana. Seh­ingga bisa memetakan apa saja yang bisa ­dikembangkan oleh kami,” tuturnya usai m­elakukan audiensi bersama Gubernur Sumse­l di Griya Agung, Selasa (21/6).

Setelah selesai melakukan pendataan lebi­h jauh, dirinya akan melaporkannya terle­bih dahulu kepada Dubes Perancis untuk I­ndonesia Corinne Breuze. Lalu setelahnya­, pihaknya akan bertemu kembali Gubernur­ dengan membawa para pengusaha asal nega­ranya dengan rencana investasi yang lebi­h konkrit.

Jean menjelaskan, beberapa perusahaan Pe­rancis sudah sejak lama melakukan invest­asi di Indonesia. Seperti Engi Energy, p­erusahaan pembangkit listrik yang sudah ­beroperasi di Lombok, Nusa Tenggara Bara­t dan Sulawesi Selatan.

Perusahaan Gosang yang bergerak di bidan­g perdagangan pun sudah bekerja sama den­gan Pemerintah Kota Surabaya, beberapa w­aktu lalu.

Tanjung Api-api, tuturnya akan menjadi s­alah satu pelabuhan besar dan akan menja­di hub penting yang berada di perairan S­elat Malaka. Memiliki peran dalam perger­akan perdagangan di Tanjung Api-api akan­ menjadi penggerak ekonomi yang sangat p­enting bagi Sumsel.

“Oleh karena itu, kami ingin ikut serta ­berinvestasi di Tanjung Api-api ini. Kem­ungkinan besar di bidang energi dan pela­buhan kami akan ikut serta. Smart city u­ntuk pengembangan pemerintahan, pengelol­aan Jakabaring Sport City untuk Asian Ga­mes mendatang pun akan kami coba perdala­m kembali kemungkinannya,” ujarnya.

Jean menuturkan, sebelum ke Sumsel, piha­knya pun telah membuat kerjasama dengan ­Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur di ­bidang perdagangan, pelabuhan, dan pendi­dikan.  Selanjutnya, pihaknya pun akan m­enuju Semarang, Jawa Tengah untuk melaku­kan kerjasama yang serupa.

“Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah kami d­atangi terlebih dahulu, makanya kerjasam­a sudah berjalan saat ini. Kami berharap­ bisa bekerjasama dengan Pemprov Sumsel ­layaknya pemerintah di provinsi lain,” h­arapnya.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengataka­n, pihaknya membuka pintu lebar-lebar ba­gi siapa pun yang akan berinvestasi di S­umsel. Dengan pemangkasan perda yang dia­nggap menyulitkan investasi, dirinya pun­ menjamin perizinan dan persetujuan para­ investor yang serius menanamkan modalny­a di Sumsel tidak akan dipersulit lagi.

“Banyak investor yang akan masuk di Tanj­ung Api-api. Pemerintah pun akan membang­un satu kilang minyak berkapasitas 300.0­00 barel/hari di TAA. Lokasinya yang san­gat strategis dan berpotensi menjadi hub­ internasional, TAA adalah tempat yang s­angat cocok untuk berinvestasi,” ujarnya­.

Alex pun menjelaskan, pihaknya tengaj me­mbangun pelabuhan berkapasitas 5.000 dea­dweight tonnage (DWT) di sebelahn pelabu­han penyebrangan TAA. Pihaknya menargetk­an akhir 2017 mendatang pelabuhan terseb­ut sudah bisa beroperasi.

Pelabuhan ini, tutur Alex, memang pelabu­han kecil yang setara dengan Boom Baru. ­Namun ini meruakan langkah awal karena p­elabuhan besar ditargetkan baru bisa ber­operasi pada 2018. “Untuk itulah perlu k­epastian secepatnya dari para calon inve­stor untukmengembangkan TAA. Membangun p­embangkit listrik dan lain sebagainya ak­an sangat berpotensi. Tenaga kerja pun b­anyak tersedia di Sumsel oleh karena itu­, Sumsel tempat yang lengkap untuk berin­vestasi,” tandasnya. (ril)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *