Berita Sumsel

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Selatan Mengadakan Pelatihan Dasar Rantai Nilai IPDMIP 2020 di BLPP Martapura

on

Martapura, OKU Timur – Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Selatan sebagai PPIU Kegiatan Integrated Participatory Development And Management Of Irrigation Program (Program IPDMIP) menyelenggarakan Pelatihan Dasar Rantai Nilai Tahun Anggaran 2020 di UPTD Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian [BPPP] Provinsi Sumatera Selatan di Martapura Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan. Dilaksanakan pada tanggal 14 – 17 September 2020.

Pelatihan Dasar Rantai Nilai IPDMIP Tahun Anggaran 2020 diikuti oleh peserta sebanyak 78 orang yang terdiri dari unsur Bappeda, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Staf Lapangan yang dibiayai IPDMIP dari 7 Kabupaten. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan tim Rantai Nilai Kabupaten dalam melakukan kegiatan pemetaan awal rantai nilai dan workshop validasi rantai nilai.

Pelatihan dasar rantai nilai (Basic value chain facilitation training) diselenggarakan oleh PPIU dibantu oleh tim yang terdiri dari konsultan spesialis Rantai Nilai (Value Chain specialist), praktisi dan widyaiswara. Metode pelatihan yang digunakan ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan praktek lapang dengan tetap menjaga Kesehatan dan memeatuhi protocol kesehatan (menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan).

Konsultan Rantai Nilai dalam pelatihan ini dihadiri oleh Mr. David Rendall konsultan internasional rantai nilai, Bapak Ir. Alimin Yahya konsultan nasional pelatihan IPDMIP, Benny Sullivan, S.Sos, M.Si Tenaga Ahli Rantai Nilai IPDMIP regional 2dan Dra. Sri Sumaryani, MM Tanaga Ahli Keuangan Pedesaan IPDMIP regional 2 sebagai narasumber.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Selatan Bapak Ir. Antoni Alam, M.Si mengapresiasi pelaksanaan pelatihan dasar rantai nilai IPDMIP dan mengharapkan dengan mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan tim rantai nilai tingkat kabupaten dan dapat memberikan pemikiran yang cerdas guna mengoptimalkan kinerja penyuluhan dalam mendukung pembangunan pertanian di Provinsi Sumatera Selatan. 14/09/2020 (Dedi)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *