Berita Palembang

Di HUT Ke 1333, Palembang Semakin Maju

on

Harianpalembang.com, PALEMBANG – Tepat tanggal 17 Juni 2016 Kota Palembang telah memasuki usia ke-1333 tahun. Sebagai kota tertua di Indonesia tentu Palembang menjadi salah satu barometer kota dan kabupaten lain. Kota Palembang sebagai kota metropolitan telah mengalami banyak kemajuan. Berbagai pembangunan infrastruktur dilaksanakan di Kota Pempek tersebut.

Pemerintah Kota Palembang sebagai roda pemerintahan terus berupaya menjalankan program-progam yang bertujuan untuk kemajuan Kota Palembang. Saat ini pemerintah Kota Palembang mengusung visi Palembang Emas 2018, yaitu Palembang yang Elok, Madani, Aman, dan Sejahtera tahun 2018.

Selain itu Palembang juga tengah bersiap menjadi tuan rumah event olahraga terbesar se Asia yaitu Asian Games 2018. Dengan demikian program Palembang Emas sangat selaras dengan persiapan Palembang menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2018.

Memasuki usia ke-1333 tahun ini, sudah banyak prestasi yang telah diraih Kota Palembang dalam kurung waktu satu tahun terakhir, diantaranyaKota Palembang berhasil meraih Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kota Lubuk Linggau, Penghargaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Terbaik Pertama oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, Kota Palembang meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI Perwakilan Sumatera Selatan selama 6 kali berturut-turut, Predikat kepatuhan Standar Pelayanan Publik Kepada Unit Pembuatan Akta-Akta Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang dari Ombudsman RI, Juara Pertama Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2015 dan Mewakili Provinsi Sumatera Selatan Pada Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Nasional yang akan diadakan pada tanggal 1-4 Agustus 2016 di Jakarta, Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Selain itu dalam rangka mendukung dan menyukseskan perhelatan Asian Games 2018 Pemerintah Kota Palembang selaku tuan rumah melakukan upaya-upaya seperti Penataan koridor Light Rail Transit (LRT) di sepanjang jalan Bandara s/d Jakabaring dengan melakukan penghijauan dan pemasangan lampu LED di poros jalan utama, Mengganti baleho konvesional dengan Videotron di sepanjang jalan utama, Percepatan proses pembebasan lahan untuk pembangunan jembatan musi IV dan VI, Pembangunan jembatan musi IV dan jembatan musi VI perlu didukung dengan 10 pengembangan jaringan jalan yang menuju/dari jembatan Musi IV dan Musi VI, yaitu : akses jembatan Musi IV dan VI dari seberang Ilir ke Seberang Ulu, Pembuatan Taman Brimob di Demang Lebar Daun, Penataan kawasan Benteng Kuto Besak s/d Pasar 16 Ilir, Restorasi kawasan Sekanak (penunjang kawasan pariwisata), Penambahan toilet umum (BKB, Kambang Iwak, Polda, Taman Wisata Punti Kayu, Monpera), Pengadaaan sarana persampahan dan mobil patroli sampah, dan Perbaikan / rehabilitasi Halte BRT Trans Musi.

Selain upaya-upaya tersebut Pemerintah Kota Palembang juga telah melaksanakan program jangka pendek andalan yang saat ini telah rutin dilaksanakan dan telah populer di kalangan masyarakat Kota Palembang, yaitu program gotong royong setiap hari minggu pagi. Program gotong royong ini telah berhasil memberikan gerakan moral bagi masyarakat untuk cinta terhadap kebersihan. (rel)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *