Baturaja

Demi Transparansi, Pembangunan Desa Gunung Meraksa Dihadiri Tiga Pilar

on

Baturaja sumseltoday.com–Desa Gunung Meraksa merupakan desa yang terletak di Kecamatan Lubuk Batang Ogan Komering Ulu. desa ini sering dilintasi bila masyarakat baturaja ingin pergi ke Kota Palembang, penduduk asli ogan ini ternyata banyak ber mata pencaharian dibidang  perkebunan yakni karet, kelapa sawit dan lainnya

Jika anda berkunjung ke desa Gunung Meraksa, akan terpantau pembangunan desa dan insfrastruktur jalan menuju ke desa desa lain dengan penataan begitu baik. masyarakat desa mayoritas membawa hasil bumi untuk diperjualbelikan.

Menurut keterangan masyarakat setempat, ternyata kepala desa ini  begitu mementingkan kepentingan masyarakat dibandingkan kepentingan pribadinya. Banyak hal yang sudah dilakukannya.

Dahlan selaku  Kepala Desa (kades)  Gunung Meraksa mengatakan, “desa yang dikatakan baik itu  dimana pembangunan itu untuk kemajuan desa tersebut, bila desa sudah maju bukan kepala desa saja yang merasakan kemajuannya,  namun semua masyarakatnya pun bisa merasakan  juga.
semua itu tidak bisa terwujud tanpa dukungan dan kerjasama  masyarakat desa itu sendiri.”ungkap  Dahlan, saat ditemui awak media online sumseltoday diruangannya, Senin (30/4/2018)

Lebih lanjut, Dahlan juga menjelaskan bahwa Dana Desa tahap awal tahun 2018 sebesar 20 % hampir seluruhnya telah diterima oleh sebagian Desa di kabupaten OKU dengan syarat desa sedang tidak terlibat masalah  terutama di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Dimana  prosedur tahun ini jika pencairan Dana desa dibagi menjadi tiga tahap yakni, tahap pertama 20%, tahap kedua 40 %, tahap ketiga, 40 % dalam satu tahun anggaran.

  “Pada saat pembangunan infrastruktur (fisik) penggunaan Dana desa pada titik nol. awal permulaan kegiatan tersebut juga harus melibatkan tiga pilar yakni, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kepala Desa (Kades) setempat. Hal ini di dasari dari salah satu acuan Kementrian Desa (Kemendes) Republik Indonesia, supaya lebih terbuka dan transparan,”jelasnya

Untuk itu, aktivitas dilapangan terlihat jika  pembangunan fisiknya berupa pembuatan sarana olahraga, dengan  volume : 32m x 30m dengan dibiayai dana desa  463.909.000. ini  dilaksanakan oleh desa Gunung Meraksa Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumsel.

kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 April 2018 , dimana saat awal titik nol atau peletakan batu pertama itu dihadiri oleh ketiga Pilar, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan Kades, juga dihadiri langsung oleh Camat, Danramil juga kapolsek yang diwakili, beserta beberapa tokoh masyarakat.

“Jika pada saat awal permulaan suatu bangunan fisik itu memang harus melibatkan tiga pilar. Karena Ini  sudah  ketentuan aturan yang harus ditaati dan dipatuhi, Supaya dalam setiap kegiatan yang dikerjakan tidak ada yang ditutup-tutupi dan lebih terbuka dan transparan yang bertujuan demi kebaikan kita bersama,” ucapnya nya.

Kegiatan ini  semuanya kita lakukan telah melalui kesepakatan dan keinginan masyarakat gunung meraksa disini,”tutup Dahlan  (yos)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *