Keamanan

Dalam Rangka (TMMD) ke-102 Kodim 0403/OKU Beri Sosialisasi Atasi Banjir Kepada Masyarakat Belimbing

on

Baturaja, Sumseltoday.com – Ancaman bencana alam/ banjir menjadi masalah sangat rawan terjadi pada warga desa Belimbing. Karena desa Belimbing Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU daerah dekat dengan air sungai.

Dalam rangka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 oleh Kodim 0403/OKU bekerja sama dengan dinas BPBD Kabupaten OKUOKU, Pada hari Selasa tgl 17/07/18 pada pukul 09.45 WIB di kantor desa Belimbing, telah diadakan sosialisai penanggulangan bencana alam (BPBD).

Dalam sosialisasi penangulangan bencana alam, tersebut yang bertindak sebagai Koordinator dalam sosialisasi tersebut adalah kapten INF Liswandi Danramil 403-06/Cempaka oleh kodim 0403/OKU.

Turut hadir pada acara tersebut Kasi Pencegahan dan Penangulangan Bencana BPBD Mailan Purnama, S.E. beserta Yudi Iskandar, S. Kom, Kapten Inf Liswandi Danramil 403-06/ Cempaka.

Adapun warga yang hadir dalam kegiatan tersebut dari desa Kedondong dan desa Belimbing yg berjumlah warga 37 Orang.

Mailan Purnama,S.E. mengatakan tentang pecegahan dan penanggulangan banjir, bencana alam yang terjadi secara alami maupun oleh ulah manusia.

“Sekarang ini banjir sering terjadi disebabkan ulah manusia itu sendiri. yang mulai tidak menghiraukan keseimbangan alam”, tuturnya.

Lanjut Purnama, Banjir merupakan peristiwa tergenang dan terbenamnya daratan karena volume air meningkat. Banjir juga dapat terjadi arena. “Peluapan air yang berlebihan di suatu tempat akibat curah hujan yang tinggi dan peluapan air sungai, atau pecahnya bendungan sungai. “tegasnya.

Adapun Cara mengatasi banjir itu sendiri Menyediakan Sistem Perparitan yaitu dengan membersihkan parit-parit yang teláh dangkal akibat dari tumpukan sampah atau endapan tanah, Melakukan Normalisasi sungai, Tidak membuang sampah ke sungai atau kealiran drainase.

Menjaga, “kelestarian hutan merupakan cara yang baik untuk mengatasi masalah banjir.” tutur Purnama.

Sementara itu, menurut Yudi Iskandar mengatakan adapun Tips tips ketika terjadi banjir, “Matikan listrik didalam rumah atau hubungi pihak PLN untuk mematikan wilayah, atau daerah yang terkena dampak dari banjir, Mengungsi kedaerah yg aman secepat mungkin. Hindari berjalan didekat saluran air, dan Segera mengamankan barang berharga. Jika volume air terus tinggi mengungsi kedaerah yang aman” Pungkasnya. (*)

Recommended for you