Palembang Emas

Camat Talang Kelapa: BPD Jangan Takut Kritisi Kades Asalkan Tujuan Baik

on

Banyuasin Online, Talang Kelapa – Camat Talang Kelapa, Aminudin baru saja melantik 9 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang terpilih di Desa Talang Buluh, Selasa (17/5). Pada kesempatan itu Aminudin mengungkapkan bahwa para BPD yang baru di lantik  hendaknya aktif  mengkritisi dan mengawasi pemerintah desa untuk mendorong kemajuan pembangunan, Itu salah satu tugas BPD dalam menciptakan iklim demokrasi di pedesaan.

“Mengawasi kinerja kades dan perangkat desa, menjadi salah satu tugas BPD, tujuannya tidak lain  untuk pendewasaan dan pembelajaran demokrasi di lingkungan pedesaan,” kata Aminudin.

Dijelaskan Aminudin salah satu contoh mengkritisi yang membangun bila ada kinerja kades , perangkat desa yang salah arah, mereka hendaknya diberitahu, dan diperingatkan, jangan takut dan diam saja  sehingga kesalahan yang dilakukan tidak terus terjadi.  sebab  dampaknya  pada kemunduran demokrasi di pedesaan memperlambat pembangunan. “Tugas BPD salah satunya, menegur kinerja kades yang kurang aktif, jangan diam saja atau takut, hal ini penting untuk kemajuan  dan pembelajaran demokrasi di tingkat desa,” katanya.

Sedangkan untuk tugas yang dilakukan perangkat desa telah baik, agar tetap diawasi dan di motivasi  lebih baik lagi, sehingga terjadi keselarasan antara pemerintah desa dengan BPD untuk memajukan desa.

“BPD jangan diam saja, bangun desanya, awasi kinerja prangkat desa, berpihaklah pada masyarakat sehingga tercipta demokrasi pedesaan yang sejuk,” terang Aminudin.

Kades harus menyadari dan mengetahui fungsi BPD dalam pemerintah desa, bila terdapat kesalahan dan dikritisi harus berjiwa besar, belajar dewasa, jangan marah karena dengan kesadaran yang tinggi kemajuan desa akan terwujud. “Kalau kades dingatkan BPD, iya  jangan marah, belajar dewasa, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga masyarakat desa,”pungkas Aminudin.

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *