Berita Sumsel

Bupati Lahat Hadiri launching BPUM dan KUR Super Mikro

on

Lahat|Sumseltoday.com – Bertempat di gedung pertemuan pemerintah kabupaten lahat di laksanakan kegitan launching perdana penerima bantuan produktif usaha mikro ( BPUM ) dan kur super mikro. Senin, (28/9/20).

Sebanyak 3.138 UMKM menerima bantuan di kabupaten lahat yang merupakan bantuan dari kementrian koprasi dan UKM melalui dinas koprasi dan UKM kab.lahat tahun 2020.untuk kabupaten lahat terbanyak ke dua se -sumsel menerima bantuan dari pemerintah RI sehingga mampu membangkitkan sektor prekonomian masyarakat yang lagi terpuruk akibat dampak virus covid-19.

Dalam laporan nya kepala dinas koprasi dan ukm kabupaten lahat,Yahya Edward.SE.M.si mengatakan, Bantuan ukm yang diberikan bekerjasam dengan pihak bank BRI cabang lahat, yang mana dana yang di kucurkan akan di transper ke rekening pedagang masing-masing.Bantuan yang berasal dari pemerintah Republik indonesia melalui kemenkeu berdasarkan UU No 1 tentang penaganan dan pemulihan ekonomi nasional sehingga tidak cacat hukum.

” Maksud dan tujuan kur seper mikro untuk mewujudkan jumlah data UKM yang terdata saat ini sebanyak 5.278 dan yang mendapat rekening secara validasi berjumlah 2.200 ukm, serta 337 ukm punya pinjaman,2.275 ukm rekening bank nya dinyatakan tidak valid,” ujar nya.

“Lanjut yahya,untuk jumlah ukm yang sudah dalam tahap pencairan sebanyak 3.138 ukm, sedangkan kur jumlah pinjaman sebesar Rp 10 juta rupiah dan untuk per umkm bagi BPUM di berikan bantuan modal usaha sebanyak Rp 2.400.000,dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat mampu meningkatkan perekonomian selama masa virus corona.”tutup yahya edward

Sementara itu pimpinan cabang Bank BRI lahat pradia baradi menjelaskan, jumlah total dana yang di kucurkan untuk bantuan di kabupaten lahat sebesar Rp 9 milyar lebih,oleh karna itu untuk para pelaku usaha yang belum dapat bantuan bisa menghubungi pihak bank BRI melalui program KURS bunga yang di tawarkan sekitar 6 persen dari jumlah pinjaman.dan syaratnya mudah dengan melengkapi biodata dan memiliki ektp serta unit usaha maka bantuan bisa di berikan.” Ungkapnya

Di tempat yang sama Bupati lahat Cik Ujang yang di dampingi Wakil Bupati lahat H.Haryanto SE. MM dalam arahanyan menuturkan, kabupaten lahat mendapatkan bantuan dari pemerintah Republik Indonesia melalui kementrian keuangan merupakan jumlah terbanyak kedua di sumsel setelah kota palembang dan saya berharap bantuan ini dapat di manfaatkan dengan sebaik-baik nya agar roda perekonomian dapat berjalan dengan baik di masa pendemi covid 19 ini, memang benar saat ini perekonomian masyarakat lahat sedang terpuruk imbas covid 19 serta harus meningkatkan pengawasan agar modal usaha ini benar-benar sampai ke pelosok desa.”ujar cik ujang. (adv)

Reporter : antoni

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *