Palembang Emas

Bulan Puasa, Jam Kegiatan Belajar Mengajar di Banyuasin Dikurangi 10 Menit

on

Harianpalembang.com, Pangkalan Balai – Bulan Ramadhan, kegiatan belajar Mengajar ( KBM ) di Kabupaten Banyuasin dipastikan akan mengalami pengurangan jam pelajaran. Pengurangan jam belajar tersebut selama 10 menit.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin, Drs H. Umar Usman, MSi menjelaskan, selama Ramadhan pihaknya telah menetapkan kebijakan untuk mengurangi jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran.

“Pengurangan jam pelajaran tersebut berkisar di angka 10 menit, termasuk juga kegiatan berkaitan dengan fisik juga dikurangi,” kata Umar Usman sesuai dengan surat edaran ke masing-masing satuan pendidikan .

Selain ada pengurangan jam pelajaran di masing-masing satuan pendidikan dari berbagi jejang. pihaknya juga menekankan untuk menambah porsi pelajaran keagamaan selama bulan Ramadhan mendatang. Keputusan tersebut diambil dari hasil musyawarah bersama dengan musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Pendidikan Agama Islam ( PAI ). sesuai dengan situasi bulan ramadhan.”Nantinya akan diintensifikasikan lagi kegiatan yang bermuatan religius atau keagamaan. Adapun mekanismenya seperti pesantren kilat. Tapi masing-masing sekolah punya kebijakan untuk melaksanakannya,”jelas dia.

Lebih jauh dijelaskan, memasuki bulan puasa para siswa diliburkan selama dua hari, sedangkan untuk hari ketiga para siswa kembali aktif seperti biasanya karena hanya mengurangi jam. Menurut dia, kegiatan pada ramadhan disesuaikan dengan kalender pendidikan DInas Pendidikan Kabupaten Banyuasin karena memang sudah menjadi ketentuan setiap tahun menjelang ramadhan.

“Surat tersebut sudah mulai kita edarkan ke semua Unit Pelaksana teknis ( UPT ) Dinas Pendidikan di berbagai kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin  dan diteruskan ke masing-masing satuan pendidikan,”tandasnya. (Rel/humas)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *