Banyuasin III

Buat E-KTP dan Akte Kelahiran Cukup Lampirkan Kartu Keluarga

on

Banyuasin Online, Pangkalan Balai – Untuk mencetak E-KTP dan Akte Kelahiran saat ini cukup dengan melampirkan Kartu Keluarga (KK), hal ini menyusul keluarnya edaran baru dari Kemendagri agar proses pembuatan EKTP dan Akte kelahiran tidak dipersulit, Senin (16/5).

Dijelaskan Kepala Disdukcapil Banyuasin, Hasan Masri, sejak adanya edaran itu untuk mengurus E-KTP dan Akte Kelahiran tidak sulit lagi, tidak seperti sebelumnya, untuk mengurus Akte kelahiran masyarakat harus melampirkan surat dari lurah dan bukti bayar Pajak Bumi Bangunan (PBB). Namun saat ini pengurusan akte semakin dipermudah.

“Edaran ini sudah berlaku dan bagi masyarakat yang akan mengurus E-KTP dan akte kelahiran tidak perlu repot lagi, cukup melampirkan Kartu Keluarga sudah bisa dilayani petugas kita,” ujarnya.

Saat ini kata Hasan Mari pihaknya terus mendorong agar masyarakat memiliki kesadaran agar segera mengurus E-KTP maupun Akte kelahiran. Khusus pengurusan Akte kelahiran Disdukcapil telah melakukan sistem jemput bola agar masyarakat yang jauh dari kota tidak sulit mengurus.

“Segala cara telah kita coba termasuk sistem jemput bola agar anak-anak di Banyuasin sudah memiliki akte kelahiran. Mengurusnya juga bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil pada jam kerja,” katanya.

Begitu juga untuk pengurusan E-KTP,  sudah 80 persen masyarakat berusia  17 tahun ke atas di Banyuasin sudah memiliki E-KTP, sisanya belum dapat mungki karena data ganda dan tidak mengurus surat pindah, ada juga yang memang malas melakukan perekaman di kecamatan masing-masing.

“Namun setiap tahun jumlah yang buat E-KTP selalu bertambah karena ada warga yang usia berubah melakukan perekaman. Setelah merekam barulah E-KTP baru bisa dicetak, khusus yang pindahan terlebih dahulu harus mengurus surat pindah di Disdukcapil asal, agar tidak menimbulkan data ganda,” pukasnya.

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *