Banyuasin

Asnedi: Tidak Hanya WBP, Keluarganya Juga Harus Tahu Tatib Lapas dan Rutan

on

Banyuasin, Sumseltoday.com | Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banyuasin kembali terima penyuluhan dari Penyuluh Hukum Ahli Madya Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Asnedi, SH, MH Pada Senin (28/01/2019) Pukul 09:00 WIB.

Penyuluhan yang dilaksanakan di Aula Gazebo Lapas Kelas III Banyuasin ini diikuti sebanyak 60 peserta yang merupakan Narapidana dan Tahanan. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyuluhan kepada keluarga WBP yang sedang berkunjung di ruang kunjungan.

Pemaparan kali ini menjelaskan Permenkumham RI No.29 Tahun 2017 mengenai Perubahan atas Permenkumham RI No.6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.

Kepala Lapas Kelas III Banyuasin, Reza Yudhistira Kurniawan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya pada kegiatan ini, hal ini mengingat pentingnya informasi dan pengetahuan kepada WBP agar dapat mematuhi peraturan yang ada.
“Saya berharap kepada semua peserta agar mendengarkan dengan baik, ini merupakan kesempatan bagi WBP yang memiliki masalah dengan Bantuan Hukum,” Pungkasnya.

Sedangkan, Asnedi dalam pemaparannya menjelaskan secara umum larangan WBP di dalam Lapas di antaranya, Pakaian WBP hanya diperkenankan membawa enam pasang. Obat-obatan harus melalui konsultasi dokter, paramedis, kalaupun tidak ada maka kalapas berwenang memerintah pegawai untuk memeriksa. Uang maksimal 1 juta yang boleh dibawa. Barang bawaan yang tidak bermerk atau tidak jelas bentuknya tidak boleh masuk. Tidak boleh ada utang piutang. Tidak boleh menggunakan sikat gigi yang ada gagangnya. Korek api harus menggunakan korek kayu.
“Larangan WBP di dalam Lapas telah di atur secara menyeluruh dan jelas pada Pasal 5 dan 6 Permenkumham No.29 Tahun 2017 sebagaimana telah diubah pada Permenkumham No.6 Tahun 2013,” jelasnya.

Selain itu, Asnedi juga turut memantau kegiatan-kegiatan yang ada di Lapas Kelas III Banyuasin, salah satu nya adalah produksi sandal jepit Pas Karya di Bengkel Kerja Lapas Banyuasin.

Kegiatan itu juga turut dihadiri oleh pejabat-pejabat Lapas Kelas III Banyuasin diantaranya Kepala Lapas Banyuasin Reza Yudhistira Kurniawan, Kasubsi Pembinaan Dedy Krishastony, Kasubsi Admisi dan Orientasi Nurdin, SE, Ustadz, dan para pegawai Lapas Banyuasin. (*)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *