Banyuasin

50 Warga Binaan Lapas Banyuasin Dapat Pelatihan Jasa Konstruksi

on

Banyuasin, Sumseltoday.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banyuasin terus berupaya membekali warga binaan yang juga warga negara Indonesia dengan keterampilan-keterampilan agar bisa berguna setelah bebas nanti. Bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Provinsi Sumatera Selatan, Kali ini Lapas Kelas III Banyuasin menggelar pelatihan jasa konstruksi bagi warga binaan dan petugas.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Lapas Kelas III Banyuasin dengan memberikan penyematan tanda peserta dan pemasangan helm konstruksi secara simbolis. Pelatihan di ikuti oleh 50 warga binaan dan 2 orang petugas Lapas Banyuasin. Selasa (12/03/2019), bertempat di Aula Lapas Kelas III Banyuasin.

Dalam laporannya, Amzah Trisula selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, berdasarkan UU No.2 Tahun 2017 bahwa Kementerian PUPR tidak hanya membangun infrastruktur fisik saja tapi juga membekali warga binaan yang juga warga negara Indonesia dengan keterampilan dibidang jasa konstruksi.

“Peningkatan Jasa Konstruksi ini senada dengan visi dari Pemerintah Daerah dalam UU No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas III Banyuasin, Reza Yudhistira Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada semua stake holder yang telah membantu berjalannya kegiatan pelatihan ini. Kami ucapkan terima kasih kepada semua instansi terkait, terutama Dirjen PUPR.

“Saya harap semua peserta dapat mengikuti pelatihan sebaik mungkin, karena kegiatan ini bersertifikat dan dapat dimanfaatkan ketika bebas nanti,” tuturnya.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesempahaman yang telah ditandatangani oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly yang ditandatangani pada tanggal 27 Juli 2018 lalu di Lapas Batu Nusa Kambangan.

Kerjasama ini ditindak lanjuti oleh Ditjen Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM  Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Konstruksi bernomor: PAS-39.HH.05.05TH 2018 dan Nomor: 660/PKS/DK/2018 tentang peningkatan Kapasitas bagi petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan di bidang Jasa Konstruksi. Sampai saat ini kegiatan ini sudah pada tahap ke-III. (*)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *