Ekonomi

2016, Minimal Masa Kerja 1 Bulan, Karyawan Sudah Bisa Dapat THR

on

Harianpalembang.com – BANYUASIN III, Pertanggal 8 Maret 2016 Pekerja yang baru satu bulan bekerja di perusahaan akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan, hal ini menyusul adanya peraturan baru Kementrans nomor 6 tahun 2016 yang sudah diberlakukan, Senin (18/4/2016).

Dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyuasin Indra Junaidi melalui Kabid Industrial Pengawasan dan Perlindungan Kerja, Mat Nursan bahwa peraturan baru tersebut harus dipatuhi perusahaan yang ada di wilayah Banyuasin.

“Jadi tenaga kerja yang baru sebulan bekerja juga berhak mendapatkan THR keagamaan minimal setahun sekali dari perusahaan,” katanya.

Adanya aturan baru tersebut merupakan sebagai ganti aturan lama Permenaker nomor 4 tahun 1994, jadi dengan demikian dia himbau pada perusahaan yang beroperasi di Banyuasin agar segera melaksanakan aturan tersebut tanpa terkecuali.

“Aturan ini sifatnya mengikat dan harus dilaksanakan semua oleh perusahaan yang ada di Banyuasin yang pembayarannya sesuai masa kerja karyawan. THR dibayarkan minimal 1 kali dalam setahun,” ujarnya.

Dia membandingkan kalau menurut aturan lama, THR hanya akan dibayarkan pada karyawan yang telah bekerja minimal 3 bulan dengan cara pembayaran THR proporsional. Namun dengan adanya aturan baru ini karyawan yang bekerja minimal 1 bulan pun berhak mendapatkan THR, dihitung dengan cara Untuk lama masa kerja dibagi 12 bulan lalu dikali dengan gaji bulanan.

Sedangkan bagi karyawan yang sudah bekerja diatas 12 bulan berhak mendapatkan THR 1 bulan gaji baik karyawan tetap maupun karyawan kontrak. THR ini harus dibayarkan oleh perusahaan 7 hari sebelum perayaan Hari Raya.

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *